Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Pekalongan

Sabtu, 10 Juli 2021

Webinar & Pelatihan Alat Peraga Edukatif (APE) 2021

 

Webinar & Pelatihan Alat Peraga Edukatif (APE) 2021

    Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI IAIN Pekalongan) adakan kegiatan Webinar dan pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) secara offline dan online dengan aplikasi zoom meeting, dengan mengusung tema yaitu "Media Pembelajaran Menarik, Muridpun Tertarik" di Dukuh Plosoran desa Podo pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 (Pukul 09.00 WIB s.d. selesai). Yang dibawakan Oleh Pembawa materi yaitu dengan Saudara Nunuk Riza Puji, S.T. beliau merupakan Guru SMAN 1 Petungkriyono, Sekaligus Penggerak KGB Pekalongan. 

    APE ini merupakan salah satu program kegiatan dari Departemen Minat Bakat, kegiatan Webinar ini diikuti oleh 200 mahasiswa PGMI IAIN Pekalongan. 

    Tau Gak sih Apa itu APE kawan?..... 

    Alat Peraga Edukatif (APE) merupakan alat peraga yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar anak-anak usia dini agar mendapatkan pengalaman belajar. Pengalaman ini akan berguna untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak yang meliputi aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral. Alat Peraga Edukatif dapat mengoptimalkan perkembangan anak disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangannya.

    Alat peraga edukatif merupakan alat yang bisa merangsang aktifitas bermain dan dapat menstimulasi serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. 


Manfaat Alat Peraga Edukatif

    Alat Peraga Edukatif (APE) memberikan banyak manfaat terhadap tumbuh kembang anak. Alat Peraga Edukatif (APE) juga dapat memberikan kesempatan proses bersosialisasi kepada anak untuk mendapatkan dan memperkaya pengetahuan dengan menggunakan berbagai alat, buku, narasumber, atau tempat. 

    Alat peraga berguna untuk mengenal lingkungan dan membimbing anak mengenali kekuatan maupun kelemahan dirinya. Anak secara aktif akan mengaplikasikan alat peraga dan secara optimal menggunakan seluruh panca indranya. Kegiatan atau alat peraga yang menyenangkan juga akan meningkatkan aktivitas sel otak mereka, keaktifan sel otak akan membantu memperlancar proses pembelajaran anak. 

    Materi ini diberikan kepada seluruh mahasiswa IAIN Pekalongan yang selalu melaksanakan aktivitas perkuliahan. Sehingga materi ini dapat menjadi bekal dalam berproses keilmuan di kampus Rahmatan Lil’alamin IAIN Pekalongan ataupun di luar kampus serta dapat memberikan motivasi dan mampu mengimplementasikan pendidikan alternatif dengan adanya media pembelajaran yang menarik sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam dunia pendidikan sesuai perkembangan zaman. 

    Acara berjalan dengan lancar dan para peserta terlihat sangat antusias mengikuti jalannya acara dengan aktif mengajukan pertanyaan kepada para pemateri. Adapun Tindak Lanjut setelah pelaksanaan Webinar APE ini yaitu masing-masing peserta Melaksanakan Praktek Pembuatan Produk APE dengan kelompoknya masing-masing sesuai yang telah ditentukan oleh Panitia. tidak hanya materi ilmu pengetahuan yang dapat diterima akan tetapi untuk menjadikan kita sebagai Mahasiswa PGMI IAIN Pekalongan supaya memiliki bekal yang nantinya akan menjadi Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah sehingga mampu menunjang kreativitas dan mempunyai unsur mendidik.

    Adapun harapan segenap panitia dari kegiatan tersebut adalah agar kita para calon pendidik dan penerus bangsa mampu memiliki kiat-kiat dan atau metode, cara-cara ataupun langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan pendidikan Indonesia dengan memiliki semangat dan kreativitas yang tinggi dalam menciptakan berbagai media pendukung pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman.

By: Departemen Jarkominfo
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung

Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *